Ini Beda Tabungan Dengan Deposito

Di Indonesia, terdapat banyak jenis investasi yang dapat anda andalkan dalam memutar kembali uang yang anda miliki. macam jenisnya seperti investasi properti, investasi saham, emas, reksadana, peer to peer lending dan yang terakhir anda juga dapat mencoba investasi deposito yang menguntungkan dengan risiko kerugian yang tergolong lebih  rendah.

Definisi deposito

Secara sederhana, deposito adalah bentuk kerja sama antara pihak nasabah dengan pihak bank bersangkutan untuk menaruh sejumlah uang dengan jangka waktu tertentu, yang telah disepakati baik dari pihak bank dengan calon nasabah atau nasabah.

Deposito sendiri merupakan jenis investasi yang perlu anda coba. Dimana berupa bentuk produk simpanan bank dengan proses penarikan dan penyetoran dilakukan pada jangka waktu tertentu. Berbeda dengan tabungan yang sering kita gunakan. Uang pada deposito bank tidak dapat diambil sesuka hati. Jangka waktu yang ditawarkan dari pihak bank mulai dari 1, 2, 3, 6, 12, 18 bulan, dan kelipatan seterusnya. 

Dalam deposito, proses menabung suku bunga hanya perlu dibayarkan pada akhir periode masa investasi. Dan masing-masing dari pihak bank memiliki suka bung ayng berbeda dan tentunya sangat kompetitif. Untuk memperoleh deposito yang menguntungkan anda diharuskan untuk menyetorkan sejumlah uang dengan jumlah besaran minimum telah ditentukan.   

Beda tabungan dengan deposito 

Seperti yang telah disebutkan di atas, bahwasanya tabungan dengan deposito berbeda. Meski sama-sama menyimpan uang, prosedur dan sistemnya sangat berbeda. Lalu apa saja yang membedakan keduanya :

1. Jenis produk

Perbedaan paling dasar dari tabungan dan depsoito dimana tabungan hanya diperuntukkan untuk menabung saja. Sedangkan deposito bertujuan sebagai investasi. Tabungan biasa umumnya ditujukan untuk menyimpan yang akan digunakan dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari dan penarikannya dapat dilakukan kapan saja. Cara menabung tabungan dan deposito juga berbeda.

2. Fleksibilitas

Maksud dari fleksibilitas disini adalah proses pengambilan atau pencairan uang dengan cara yang berbeda. Dimana tabungan biasa, anda dapat menaruh atau setor dan mengambil simpanan uang dimanapun dan kapanpun. Berbeda dengan deposito, yang memiliki jangka waktu jatuh tempo. Pada proses menabung deposito hanya dapat menaruh uang sesuai dengan waktu yang telah disepakati.

Batasan jumlah uang baik saat membuat rekening tabungan atau deposito juga berbeda. Dimana tabungan anda hanya perlu menyiapkan uang beberapa ratus ribu saja. Beda dengan deposito dimana anda harus  siapkan uang dengan cukup besar hingga ratusan juta rupiah

3. Buku tabungan

Umumnya saat anda membuka rekening tabungan, anda akan diberikan sebuah buku tabungan lengkap dengan kartu ATM. Hal ini berbeda pada produk layanan deposito. Dimana anda hanya akan memperoleh bilyet deposito. Bilyet merupakan bukti bahwa anda pemilik dari uang yang telah anda depositkan.

4. Adanya suka bunga

Perbedaan yang terakhir terletak pada suku bunga yang diberikan. Dimana deposito yang menguntungkan sebab suku bunga yang diminta lebih tinggi dibanding dengan tabungan biasanya. Jumlah bunga yang diberikan pada deposito juga berbeda-beda, tergantung pihak bank yang anda pilih.  

Pastikan untuk selalu berhati-hati saat anda mulai untuk mendepositkan harta anda. jangan sampai niat untuk mempersiapkan keuangan dimasa mendatang justru membawa kerugian bagi anda sendiri. pelajari dan cari tahu lebih banyak.  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *