Kenali Perbedaan Pipa Sch 40 dan 80

Bagi Anda yang masih awam dan tidak kenal dengan istilah pipa sch 40, 80 dan lainnya. Tentu Anda akan merasa kebingungan saat menentukan jenis pipa mana yang Anda ingin dan butuhkan. Untuk itu, agar Anda tidak bingung, maka pastikanlah untuk menyimak penjelasan berikut: 

Pipa sch 40 atau 80? 

Jika dilihat dari segi harga pipa sch 80 umumnya dijual dengan tarif lebih tinggi dibandingkan dengan ukuran sch 40. Mengapa demikian? Hal ini berkaitan dengan tingkat ketebalan dinding pipa yang dimilikinya. Karena meskipun keduanya memiliki diameter luar yang sama, namun untuk bagian diameter dalam umumnya tampil berbeda. 

Dengan kata lain pipa dengan ukuran sch 80 memiliki tingkat ketebalan jauh lebih besar dibandingkan dengan ukuran sch 40. Karena itulah keberadaannya pun dinyatakan jauh lebih kuat dan tahan lama. 

Tekanan air untuk pipa dengan sch 40 dan juga 80

Seperti yang telah disebutkan pada bagian di atas tadi, pipa dengan sch 40 hadir dengan tingkat ketebalan yang tidak lebih besar daripada pipa dengan sch 80. Dengan demikian tekanan air yang digunakan pada pipa dengan sch 40 pun sebaiknya dilakukan dengan ukuran yang relatif rendah. Hal ini tidak lepas dari ukuran ketebalan dinding pipa sch 40 yang terbilang lebih tipis. 

Sementara itu, untuk pipa dengan sch 80, Anda dapat menggunakan PSI atau tekanan yang terbilang tinggi. Bahkan dengan tingkat ketebalan yang dimilikinya pipa ini termasuk dalam jenis pipa yang kuat untuk digunakan dalam industri kimia. 

Ukuran serta diameter 

Seperti yang telah disebutkan pada bagian di atas tadi, kedua jenis pipa dengan ukuran berbeda tersebut hadir dengan diameter luar yang sama. Namun jika dilihat dari aliran yang dimilikinya, jelas pipa dengan sch 80 memiliki ukuran yang lebih terbatas. 

Meski demikian, keduanya tetap cocok untuk digunakan secara bersamaan. Dengan kata lain, jika Anda membutuhkan kedua pipa tersebut dalam waktu tertentu, maka anda pun dapat menggunakannya dengan baik tanpa harus merasa khawatir akan saling terganggu antara satu dengan lainnya. 

Sementara itu, satu-satunya yang menjadi permasalahan dari jenis pipa schedule, baik itu jenis sch 40 atau bahkan 80 adalah berkaitan dengan cara pemasangannya. Pasalnya jika kedua jenis pipa tersebut tidak dipasang dengan baik dan benar, maka ia pun akan lebih cepat rusak. 

Untuk itu, jika Anda hendak menggunakan salah satu atau lebih dari  kedua jenis pipa tersebut, maka ada baiknya jika Anda melakukan pemasangan terlebih dahulu dengan menggunakan layanan profesional. Dengan demikian pipa schedule yang Anda terapkan pun dapat bertahan jauh lebih lama. 

Itulah kiranya penjelasan singkat mengenai perbedaan dan persamaan antara  pipa sch 40 dengan sch 80.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *