Jenis-jenis Panel Surya yang Bisa Digunakan untuk Keperluan Rumah Tangga

Pembuatan solar panel untuk rumah sudah dilakukan sejak lama, hal ini menyebabkan hingga saat ini ada banyak jenis solar panel yang bisa digunakan untuk keperluan rumah anda. Dari banyak jenis solar panel yang bisa anda temukan di pasaran, berikut ini adalah jenis solar panel yang paling populer. 

Monocrystalline Silicon

Merupakan jenis solar panel yang paling populer, jenis solar panel ini terbuat dari bahan utama berupa silikon. Jenis silikon yang digunakan adalah silikon tipis yang dibuat dengan pemotongan menggunakan teknologi khusus. Kelebihan dari jenis solar panel ini adalah mengenai efisiensinya. Produk solar panel ini memiliki efisiensi yang paling tinggi untuk golongan solar panel yang terbuat dari bahan silikon. Jenis ini sangat populer karena efisiensinya tersebut. Untuk cirinya, jenis solar panel ini memiliki warna hitam dan memiliki potongan di bagian sudutnya. 

Polycrystaline 

Jenis dari panel surya yang akan kami bahas selanjutnya adalah panel surya polycrystaline atau banyak juga disebut dengan multicrystaline. Sesuai dengan namanya, produk panel surya satu ini terbuat dari banyak lapisan silikon. Jenis silikon yang digunakan dalam pembuatan jenis panel surya ini adalah jenis silikon kristal. 

Ketika akan membuat panel surya ini, batang kristal silikon akan dicairkan dan dicetak dengan bentuk persegi. Kristal silikon ini memiliki efisiensi penangkapan cahaya matahari yang lebih minim dari tipe monocrystalline. Ia memiliki bentuk seperti kaca dengan pecahan di dalamnya. Untuk warnanya jenis solar panel untuk rumah memiliki warna biru penyusunan dari panel surya ini dilakukan dengan rapat sehingga ia dapat menangkap cahaya dengan lebih maksimal.

Thin Film Solar Cell

Selanjutnya adalah generasi Thin Film Solar Cell. Jenis panel surya Thin Film Solar Cell ini merupakan jenis panel surya yang memiliki lapisan yang sangat tipis sesuai dengan namanya. Bahkan sampai tipisnya, ukuran ketebalan dari panel surya ini ukur dengan menggunakan satuan nano atau mikro. Karena ukurannya yang sangat tipis ini, maka kelebihannya utama yang dimiliki oleh jenis panel surya ini adalah bobotnya ringan dan fleksibel. 

Jenis panel surya ini merupakan panel surya generasi kedua. Selain memiliki kelebihan dari segi bobotnya, jenis panel surya ini merupakan jenis panel surya yang memiliki efisiensi yang paling tinggi salah satu jenisnya yaitu copper indium gallium diselenide bisa menghasilkan efisiensi hingga 21.7% dan juga Gallium Arsenide dengan efisiensi 28.8%.

Selain 3 panel surya yang disebutkan di atas masih ada banyak lagi jenis panel surya yang mungkin bisa anda temukan. Akan tetapi untuk anda yang ingin menggunakan panel surya dengan lebih efektif, maka menggunakan jenis solar panel untuk rumah yang disebutkan di atas akan memberikan manfaat lebih besar untuk anda. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *